Air Terjun Tiu Ngumbak di Lombok.....! Bicara soal air terjun, blog Coretan UMUM punya cerita menarik Dari Tanah penghasil mutiara laut yang satu ini, keterangan ini telah kami rangkum dari berbagai sumber. sekiranya artikel ini bisa menjadi salah satu bahan referensi sebelum anda menuju langsung ke tempat tersebut. Di Pulau lombok ternyata bukan hanya panorama keindahan hamparan pantai dan pegunungannya saja yang dapat dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. akan tetapi ada beberapa titik tempat wisata yang memang masih jarang ditemui treveler, boleh di bilang tempatnya masih "Virgin" salah satunya ialah Objek wisata air terjun Tiu ngumbak Di desa Gumantar yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan di berbagai media sosial. Pertanyaannya! Lalu Mengapa air terjun ini masih jarang ditemui dan belum di kenal luas oleh para Netizen seperti pada umumnya tempat wisata lain yang ada di lombok? Hal ini dikarenakan kondisi alam dan kondisi jalan menuju ke air terjun Tiu Ngumbak Sangat menantang dan belum ada akses jalan yang mudah untuk di lalui. jadi Wajar saja jika Air Terjun Tiu Ngumbak tidak seperti tempat-tempat wisata lainnya yang lebih dulu dikenal luas oleh wisatawan, sebut saja misalnya : Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Jeruk Manis, Air Terjun Tiu Pupas, Air Terjun Tiu Teja, Air Terjun Tiu Bombong, dan Air Terjun sekeper. semua sering dikunjungi masyarakat indonesia pada umumnya.




wisata air terjun tiu ngumbak di gumantara lombok NTB
Sumber: google

Keunggulan dari tempat wisata yang terdapat di Desa Gumantar adalah Keberadaannya Yang tersembunyi Jauh didalam Hutan Dengan kondisi alam masih sangat terjaga. keunggulan lain dari Air Terjun Tiu Ngumbak  ialah memiliki ketinggian sekitar 40 Meter, dan air yang jatuh dari ketingian tebing itu berbenturan langsung dengan bebatuan karang yang ada di bawahnya bak persis Ombak Laut menerpa batu karang (itu salah satu alasan mengapa air terjun tersebut dinamakan air terjun Tiu Ngumbak) JIka Anda Ingin datang dan mengunjungi secara langsung, Tiu Ngumbak terletak di kabupaten Lombok utara lebih tepatnya di Desa Gumantar yang langsung berbatasan dengan Desa Dangiang, di sebelah Barat, Desa Selengen Di sebelah Timur, Laut Jawa di sebelah Utara, dan Hutan Taman Nasional Gunung RINJANI di sebelah Selatan.

suku sasak lombok NTB
sumber: Google

Untuk masuk menuju ke lokasi Air terjun tidaklah mudah anda Harus melewati Perkampungan yang masih tradisional yang khas dan sangat terjaga kelestariannya, ini terlihat dari sejumlah rumah-rumah adat mereka sebagai warga suku sasak. Setelah melewati perkampungan rumah adat, bukan berarti perjalanan hampir sampai atau tidak jauh lagi....! Masih butuh waktu sekiranya 1 hingga 2 jam untuk sampai tujuan, mengingat perjalanan yang sangat Exteme dan menantang dengan trek soft Hutan, Bebatuan, Dan menyusuri pingiran tebing, ini akan menambah serunya perjalanan dan makin penasaran buat anda sebagai traveler dan pecinta alam.

Sesampainya di lokasi Anda Bakal Merasakan Sejuknya serta segarnya air yang begitu jernih, hanya gemuruh air terjun yang terdengar, saya yakin di jamin anda pasti terpana dan kagum akan panorama yang tersaji. seakan-akan melenyapkan semua rasa lelah, pegel dan jauh menyusuri lintasan curam, terjal kini terbayar sudah dengan keindahan yang sulit ditemui. jika Anda tertarik Tunggu apalagi segera rencanakan keberangkantannya dan Jangan lupa siapkan kamera, karena keindahan momen yang ada di air terjun Tiu Ngumbak akan sia-sia kalau tidak diabadikan.  

Pesan Penting : 
  • -Hargai alam (wajib menjaga dan melestarikannya)
  • -Tidak merusak/mengahcurkan alam yang ada,
  • -Jangan buang sampah di sembarang tempat,
  • -pengunjung wajib membawa Kembali sampah bawaannya.(apalagi semua jenis sampah Plastik)

0 Berikan komentar anda disini:

Post a Comment

Iklan Banner

iklan banner 125 x 125