pembahasan kali ini mengenai ziarah ke makam Dalem Aria Wiratanudatar cikundul Cianjur, yaa!!! Cikundul apa arti sebutan kata tersebut? cikundul adalah salah satu tempat Ziarah yang kebilang Populer di kalangan masyarakat muslim di daerah cianjur. lokasinya terletak di Kampung Majalaya, Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur (Jawa Barat). kebanyakan masyarakat muslim datang ke cikundul untuk melakukan Ziarah kubur Ke makam dalem cikundul. dari pusat kota Cianjur tidak terlalu jauh namun jika diperkirakan kurang lebih sekitar 17 km jaraknya. mengapa ziarah ke cikundul? alasannya ialah untuk mengingat tempat dimana dimakamkannya Bupati Cianjur Pertama, yaitu Raden Aria WiraTanu Bin Aria Wangsa Goparana (1677 - 1691) yang kemudian terkenal dengan nama Dalem Cikundul. Kalau tidak salah Pada Tahun 1985 Makam Dalem Cikundul pernah diperbaiki oleh Ny Hajjah Yuyun Muslim Taher istrinya Prof Dr Muslim Taher (Aim) Rektor Universitas Jayabaya, Jakarta (Ny Hajjah Yuyun Muslim Taher) Masih tergolong salahsatu keturunan dari Dalem cikundul. untuk mengenal dan mengetahui lebih jauh sisilah Keturunannya lanjutkan membaca sampe selesai.

ziarah makam aria wiratanu cikindul
sumber gambar: wikipedia

Begini awal Ceritanya


Pada tahun 1529 kerajaan Talaga direbut oleh Cirebon dari Negara Pajajaran dalam rangka penyebaran agama Islam, yang sejak itu sebagian besar rakyatnya memeluk agama Islam. Tetapi raja-raja Talaga, yaitu :
  • Prabu Siliwangi, Mundingsari,
  • Mundingsari Leutik,
  • Pucuk Umum,
  • Sunan Parung Gangsa,
  • Sunan Wanapri, dan
  • Sunan Ciburang,
Masih menganut agama lama(Hindu)

Terus Sunan Ciburang memiliki putra bernama Aria Wangsa Goparana, dan ia merupakan orang pertama yang memeluk agama Islam, namun tidak direstui oleh orang tuanya. Akhirnya Aria Wangsa Goparana meninggalkan keraton Talaga, dan pergi menuju Sagalaherang. 

makam dalem aria wiratanudatar

Di Sagalaherang, mendirikan Negara dan pondok pesantren untuk menyebarkan agama Islam ke daerah sekitarnya. Pada akhir abad 17, ia meninggal dunia di Kampung Nangkabeurit, Sagalaherang dengan meninggalkan dua orang putra-putri, yaitu: Djayasasana, Candramanggala, Santaan Kumbang, Yudanagara, Nawing Candradirana, Santaan Yudanagara, dan Nyai Mas Murti. 

Aria Wangsa Goparana, menurunkan para Bupati Cianjur yang bergelar Wira Tanu dan Wiratanu Datar serta para keturunannya. putra sulungnya Djayasasana dikenal sangat taqwa terhadap Allah SWT, Tekun mempelajari agama Islam dan rajin bertapa. Setelah dewasa Djayasasana meninggalkan Sagalaherang, diikuti sejumlah rakyatnya. Kemudian bermukim di Kampung Cijagang, Cikalongkulon, Cianjur, bersama pengikutnya dengan bermukim di sepanjang pinggir-pingir sungai. 

Djayasasana yang bergelar Aria Wira Tanu, menjadi Bupati Cianjur atau Bupati Cianjur Pertama (1677 ­1691), meninggal dunia antara tahun 1681 -1706 meninggalkan putra-puteri sebanyak 10 orang, masing-masing :
  • Dalem Anom (Aria Natamanggala),
  • Dalem Aria Martayuda (Dalem Sarampad), 
  • Dalem Aria Tirta (Di Karawang), 
  • Dalem Aria Wiramanggala (Dalem Tarikolot), 
  • Dalem Aria Suradiwangsa (Dalem Panembong), 
  • Nyai Mas Kaluntar, 
  • Nyai Mas Karangan, 
  • Nyai Mas Djenggot,
  • Dan Nyai Mas Bogem.
Dia juga memiliki seorang istri dari bangsa jin Islam, dan memiliki tiga orang putra-putri, yaitu Raden Eyang Suryakancana, yang hingga sekarang dipercayai bersemayam di Gunung Gede atau hidup di alam jin. Putri kedua, Nyi Mas Endang Kancana alias Endang Sukaesih alias Nyai Mas Kara, bersemayam di Gunung Ceremai, dan Andaka Warusajagad (tetapi ada juga yang menyebutkan bukan putra, tetapi putri bernama Nyai Mas Endang Radja Mantri bersemayam di Karawang)

Dari situlah, Dalem Cikundul sebagai leluhur sebagian masyarakat Cianjur, yang tidak terlepas dari berdirinya pedaleman (kabupaten) Cianjur. Makanya Makam Dalem Cikundul dijadikan tempat ziarah yang kemudian oleh Pemda Cianjur dikukuhkan sebagai obyek wisata ziarah, sehingga banyak dikunjungi penziarah dari berbagai daerah.
demikianlah sebuah paparan tempat ziarah di Cikundul yaitu makam dalem Aria wiratanudatar juga sebagai bupati pertama cianjur yang saya kutip sebagian dari sumber terpercaya . 

sumber cerita dari :
 http://www.cianjurkab.go.id/
Cianjur Kab.go.id

0 Berikan komentar anda disini:

Post a Comment

Lihat Komentar Anda