Objek Wisata Kebun Raya Cibodas

Tempat Wisata Taman Cibodas..! dulu saya pernah membahas Objek wisata Jangari yang Ada di Cianjur dan untuk saat ini masih dari kawasan cianjur saya akan bahas tentang Objek wisata yang terdapat di daerah Cianjur juga salah satunya ialah Kebun Raya Cibodas. Ada yang pernah ke cibodas? sebagian orang pasti pernah bahkan mungkin berkali-kali pernah mendatangi tempat wisata tersebut, Namun ada pula yang belum pernah datang dan mungkin cukup mendengar nama tempatnya saja. Untuk anda yang belum mengetahui Taman wisata Kebun Raya cibodas nih, barang kali anda datang dari luar pulau jawa, Jika anda dari arah jakarta dapat ditempuh dengan jarak sekitar 85 km. butuh 90 perjalanan melalui jalan raya Bogor - puncak - cianjur Hinga sampai di persimpangan Cimacan namun adapula yang menyebut persimpangan Yasmin (pertigaan arah ke taman kebun raya Cibodas). Untuk sampai tepat dilokasi wisata taman cibodas jaraknya kurang lebih 4 km dari persimpangan cimacan. Untuk lebih jelasnya Taman Wisata Cibodas terletak di Komplek Gunung Gede Pangrango Desa Cimacan, Cipanas Pacet "Cianjur" Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian 1.275 m dpl, bersuhu udara 17 - 27 derajat Celcius memiliki berbagai keunikan sebagai objek wisata alam.



https://coretanyusuf.blogspot.co.id/2012/07/tempat-wisata-kebun-raya-cibodas.html

Awal Mula Cibodas
Pada awalnya ahli botani asal Belanda "Johannes Elias Teysmann" Telah menyiapkan lahan untuk perkebunan Pohon Kina Yang sekarang menjadi taman cibodas akan tetapi tanah di taman cibodas tidak cocok untuk tumbuhan sejenis pohon kina. Nah Konon pembukaan kebun raya cibodas pun terkait dengan masuknya kina ke Indonesia. Bibit pohon kina yang dibawa dari belanda Pada tanggal 11 April 1952 itu menjadi tahun lahirnya Kebun Raya Cibodas




https://coretanyusuf.blogspot.co.id/2012/07/tempat-wisata-kebun-raya-cibodas.html



Aneka Ragam wisata dan tanaman eksotik
Objek wisata Cibodas yang berbukit sangat khas banget dengan keindahannya yang penuh dengan pepohonan tua atau pun muda. Di cibodas tercatat sekitar 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis hidup di taman itu. Sebagian besar masyarakat memandang cibodas hanya tempat wisata mungkin karena setiap tahunnya Kebun Raya Cibodas dikunjungi sekitar 1 (satu) juta orang baik itu wisatawan domestik yang datang dari Jakarta, Bandung, Bogor dan sekitarnya maupun wisatawan manca negara.
Padahal selain tempat wisata cibodas juga dijadikan sebagai pendidikan dan penelitian ilmiah yang berperan penting dalam konservasi tumbuhan, didalamnya terdapat beberapa tempat yang begitu indah dan menarik juga memiliki keanekaragaman koleksi tanaman eksotik yang membuat kita ingin terus berada disitu.


https://coretanyusuf.blogspot.co.id/2012/07/tempat-wisata-kebun-raya-cibodas.html



Koleksi tanaman yanga ada di sekitar taman cibodas seperti jenis tanaman angrek sekitar 360, jenis tanaman kaktus sekitar 289 lebih kurangnya, 20an jenis tanaman sukulen, 100an lebih juga tanaman paku-pakuan yang terdapat di taman cibodas selain itu ada juga sejenis tanaman Rhododendron garden. Beberapa lokasi yang diminati pengunjung antara lain rumah kaca (green house), Jalan Araucaria (auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas dan lokasi lanskap beserta kolam air mancur, curug ci ismun.


Fasilitas yang ada


Mesjid, Rumah Paku-pakuan, Kuda tunggangan, Penjualan Tanaman, Kapetaria, Wisma tamu, Rumah Kaca dan sejumlah tanaman lainnya. adapun tiket masuk yang berlaku waktu itu adalah Rp: 6000/orang baik dewasa maupun anak-anak untuk kendaraan bermotor dikenakan tambahan Rp: 2.500 dan mobil Rp: 15.500 tiket ini berdasarkan PP. No 75 Tahun 2007 terhitung mulai dari tanggal 1 Januari 2008.

bagi anda yang ingin mencoba untuk membuktikan keberadaan kebun raya cibodas jangan ragu untuk datang ke tempat tersebut saya jamin pasti ingin berkunjung berkali-kali jika sudah mencobanya.
Pesan Penting : 
  • -Hargai alam (wajib menjaga dan melestarikannya)
  • -Tidak merusak/mengahcurkan alam yang ada,
  • -Jangan buang sampah di sembarang tempat,
  • -pengunjung wajib membawa Kembali sampah bawaannya.(apalagi semua jenis sampah Plastik)

Sumber dari :
  • www.krcibodas.lipi.go.id/
  • Cianjur kab.go.id
  • Puncakview.com
Labels: Wisata Umum

Terimakasih telah membaca Objek Wisata Kebun Raya Cibodas . Segera Bagikan...!

6 Comment for "Objek Wisata Kebun Raya Cibodas "

kayanya asik liburan kesana
selamat hari raya idul fitri 1433H sob mohon maaf yua lahir batin

pernah 1x ksna, memang indah

Cobalah sepatkan kesana sob di hari hari tertentu pasti seru

Sempat kejembatan merah gak? Bagi yang berpasangan jembatan merah taman cibodas mengandung mitos jika dilewati

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Back To Top