Dulu saya pernah membahas Objek wisata Jangari yang Ada di Cianjur dan untuk saat ini masih dari kawasan cianjur saya akan bahas tentang Objek wisata yang masih terdapat di daerah Cianjur juga yaitu Objek Wisata Kebun Raya Cibodas. Ada yang pernah ke cibodas? sebagian orang pasti pernah bahkan mungkin ada yang berkali-kali datang kesana, Namun sebagian yang lainya ada yang belum pernah datang dan hanya tahu nama tempatnya saja. Untuk yang belum mengetahui kawasan wisata cibodas nih Jika anda melewati jalur jalan Bandung - Jakarta atau sebaliknya (via puncak) anda pasti melewati persimpangan yang sering disebut Yasmin pertigaan arah ke taman kebun raya Cibodas.Untuk lebih jelasnya Taman Wisata Cibodas terletak di Desa Cimacan, Pacet "Cianjur" dengan ketinggian 1.275 m dpl, bersuhu udara 17 - 27 derajat Celcius memiliki berbagai keunikan sebagai objek wisata alam.


Awal Mula Cibodas
Pada awalnya ahli botani asal Belanda "Johannes Elias Teysmann" Telah menyiapkan lahan untuk perkebunan Pohon Kina Yang sekarang menjadi taman cibodas akan tetapi tanah di taman cibodas tidak cocok untuk tumbuhan sejenis pohon kina. Nah Konon pembukaan kebun raya cibodas pun terkait dengan masuknya kina ke Indonesia. Bibit pohon kina yang dibawa dari belanda Pada tanggal 11 April 1952 itu menjadi tahun lahirnya Kebun Raya Cibodas






Aneka Ragam wisata dan tanaman eksotik
Objek wisata Cibodas yang berbukit sangat khas banget dengan keindahannya yang penuh dengan pepohonan tua atau pun muda. Di cibodas tercatat sekitar 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis hidup di taman itu. Sebagian besar masyarakat memandang cibodas hanya tempat wisata mungkin karena setiap tahunnya Kebun Raya Cibodas dikunjungi sekitar 1 (satu) juta orang baik itu wisatawan domestik yang datang dari Jakarta, Bandung, Bogor dan sekitarnya maupun wisatawan manca negara.
Padahal selain tempat wisata cibodas juga dijadikan sebagai pendidikan dan penelitian ilmiah yang berperan penting dalam konservasi tumbuhan, didalamnya terdapat beberapa tempat yang begitu indah dan menarik juga memiliki keanekaragaman koleksi tanaman eksotik yang membuat kita ingin terus berada disitu.



Koleksi tanaman yanga ada di sekitar taman cibodas seperti jenis tanaman angrek sekitar 360, jenis tanaman kaktus sekitar 289 lebih kurangnya, 20an jenis tanaman sukulen, 100an lebih juga tanaman paku-pakuan yang terdapat di taman cibodas selain itu ada juga sejenis tanaman Rhododendron garden.
Beberapa lokasi yang diminati pengunjung antara lain rumah kaca (green house), Jalan Araucaria (auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas dan lokasi lanskap beserta kolam air mancur,curug ciismun.

Fasilitas yang ada

Mesjid, Rumah Paku-pakuan, Kuda tunggangan, Penjualan Tanaman, Kapetaria, Wisma tamu, Rumah Kaca dan sejumlah tanaman adapun tiket masuk yang berlaku adalah Rp: 6000/ orang baik dewasa maupun anak-anak untuk kendaraan bermotor dikenakan tambahan Rp: 2.500 dan mobil Rp: 15.500 tiket ini berdasarkan PP. No 75 Tahun 2007 terhitung mulai dari tanggal 1 Janwari 2008.

bagi anda yang ingin mencoba untuk membuktikan keberadaan kebun raya cibodas jangan ragu untuk datangi tempat tersebut saya jamin pasti ingin berkunjung berkali-kali jika sudah mencobanya.

Sumber dari :

6 comments:

  1. kayanya asik liburan kesana
    selamat hari raya idul fitri 1433H sob mohon maaf yua lahir batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobalah sepatkan kesana sob di hari hari tertentu pasti seru

      Delete
  2. Replies
    1. Sempat kejembatan merah gak? Bagi yang berpasangan jembatan merah taman cibodas mengandung mitos jika dilewati

      Delete
  3. dari pusat kota jauh nggak gan? pengen tuh kesana buat perbandingan karena kebetulan saya ngelola salah satu tempat wisata di jawa tengah

    ReplyDelete

Coretan Populer

Bacaan Umum

More on this category »

Trick Blogger

More on this category »